Selasa, 21 April 2020

4 Tips Membeli Dan Keuntungan Jual Beli Rumah di Solo Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis


Memiliki sebuah hunian di sebuah lingkungan yang nyaman dan terjamin seperti rumahan memanglah menjadi salah satu keinginan tersendiri selama hidup. Apalagi semakin  kesini semakin banyak saja perumahan yang bisa ditemui, bahkan disebuah kota yang tidak terlalu besar sekalipun.

Ada banyak alasan mengapa seseorang membeli atau menjual rumah di perumahan, keuntungan jual beli perumahan juga tidaklah sedikit, baik bagi mereka yang jual butuh rumah di Solo atau pun bagi mereka yang membelinya kelak. Kalau memang ingin menjadikannya sebagai bisnis jual beli, menjual satu unit rumah yang berada pada perumahan tentu tak terlalu sulit.

Lalu, bagaimana bagi Anda yang menjadi seorang pembeli? keuntungan jual beli perumahan apa saja yang akan Anda dapatkan? 

Berikut beberapa keuntungannya.

1. Tertata dengan Apik

Mungkin ini merupakan salah satu keuntungan yang paling pertama Anda rasakan ketika memasuki sebuah perumahan, dimana rumah-rumah yang ada di dalamnya tertata dengan apik, dibagi sesuai dengan jenisnya, juga adanya space untuk publik yang sangat bisa dimaksimalkan.

Hal ini tentu akan terasa berbeda jauh ketika Anda masuk ke sebuah desa biasa, dimana tidak ada aturan dalam membangun rumah, sehingga terlihat tidak tertata dan sedikit berantakan. 

Bagi Anda yang suka dengan kerapian dan kebersihan, keuntungan jual beli inilah yang akan pertama kali Anda rasakan.

2. Mudah dan Efektif

Alasan dan keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh seseorang ketika memutuskan untuk membeli rumah di perumahan ialah kemudahannya. 

Jika Anda ingin membangun rumah sendiri, maka Anda harus memulainya dengan mencari tanah di lokasi yang baik, melakukan negosiasi sendiri, hingga membangun rumahnya yang membutuhkan waktu cukup lama.

Sedangkan jika Anda membeli di perumahan, Anda hanya peru menghubungi agen pemasaran, dan selanjutnya akan ada orang yang membantu Anda dalam menyelesaikan seluruh prosedur yang diberikan.

Keuntungan jual beli perumahan kedua inilah yang membuat harga satu unit rumah di perumahan lumayan mahal, namun tentu sesuai dengan kemudahan dan kenyamanan yang diberikan.

3. Bisa Dibeli Melalui KPR

Sedangkan keuntungan jual beli perumahan lainnya bagi pembeli ialah bisa dibantu oleh KPR alias Kredit Pemilikan Rumah. Sistem ini tentu saja memberikan jaminan, baik pada penjual dan juga pada pembelinya.

Hal ini sangat memungkinkan bagi Anda yang belum memiliki cukup tabungan namun ingin memiliki rumah yang lebih layak dan nyaman bukan?

Tidak sedikit pembeli rumah perumahan yang menggunakan sistem ini, bahkan selama ini dicatat bahwa rata-rata pembelian melalui KPR sekitar 70%.Hal ini semakin membuktikan bahwa banyak sekali orang yang membutuhkan hunian dengan nyaman, sehingga mau menggunakan sistem yang satu ini.

Nah, setelah mengetahui beberapa keuntungan jual beli perumahan tadi, mungkin keinginan Anda semakin besar untuk segera membelinya. 

Namun, perhatikan terlebih dahulu beberapa tips rumah dijual di Solo melalui Developer berikut sebelum benar-benar akan membelinya.

1. Jangan langsung bayar DP kepada Developer sebelum KPR Anda disetujui

Seperti yang sudah dibahas tadi, ada banyak sekali orang yang memutuskan untuk membeli rumah melalui KPR. Pastikan bahwa Anda membayar DP ketika KPR sudah disetujui, karena tidak pernah ada jaminan bahwa Bank akan menyetujui permohonan Anda.

Kalau Anda sudah terlanjur membayar DP namun KPR tidak disetujui, akan sedikit sulit untuk meminta DP itu kembali, dimana biasanya Anda akan dikenakan denda terlebih dahulu.

2. Mendatangi Kantor Pemasaran

Perumahan biasanya akan memiliki banyak agen untuk menawarkan setiap unit rumah. Namun, tidak ada salahnya untuk mendatangi langsung kantor pemasaran sehingga bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan teliti.

Tidak ada salahnya juga untuk bertanya-tanya kepada penghuni perumahan yang sudah tinggal disitu cukup lama, sehingga Anda bisa mengukur sendiri bagaimana keadaan perumahan tersebut.

3. Periksa Reputasi Developer

Tips satu ini mungkin terdengar sepele, namun Anda harus tahu bahwa tidak sedikit kasus yang disebabkan oleh developer yang bermasalah, bukannya mendapatkan keuntungan jual beli perumahan, Anda malah harus ikut dalam masalah tersebut.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan ialah melihat prasarana sudah tersedia atau belum, memeriksa Izin Peruntukan Tanah, kondisi tanah yang sudah matang, IMB Induk, sertifikat tanah yang minimal HGB atau SHGB dengan nama developer dan lain sebagainya.

4. Sertifikat Masih dengan Nama Developer

Ketika Anda baru saja membeli rumah, sertifikat nantinya masih atas nama sang developer. Anda harus melakukan beberapa prosedur hingga sertifikat tersebut berganti dengan nama Anda.

Jika Anda tidak segera mengurus pergantian nama, Anda bisa mendapatkan beberapa kesulitan seperti penjualan rumah yang sulit dilakukan, take over kredit pada bank lain yang menjadi sulit dilakukan, dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya sudah memastikan terlebih dahulu kapan sertifikatnya akan berganti dengan nama Anda.

Bagaimana, jika sudah mengetahui beberapa keuntungan jual beli perumahan hingga tips membelinya, apakah Anda yakin akan  membeli sebuah rumah di perumahan, baik untuk terus ditinggali ataupun untuk dijual kembali?

0 komentar:

Posting Komentar