Selasa, 24 Maret 2020

Ini Beberapa Makanan Sehat yang Bagus untuk Mengatasi Masalah Pencernaan


Selama ini dalam mengkonsumsi suatu makanan, mementingkan dari segi rasa dibandingkan dengan kandungan nutrisinya terbilang sering sekali dilakukan oleh banyak orang. Bisa jadi hal demikian juga kerap Anda lakukan sehari-hari. Makanan-makanan yang tidak sehat, seperti berlemak, berkolesterol, kurang serat, dll tak jarang membawa dampak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa menyebabkan pencernaan  menjadi bermasalah.

Kondisi alat cerna manusia yang bermasalah biasanya ditandai dengan berbagai ciri-ciri, antara lain perut kembung, mengalami sembelit atau konstipasi, tekanan darah tinggi, mudah merasa lelah, bau badan, hingga muncul lingkaran hitam di bawah mata. Kondisi ini tentunya selain tidak baik di terus-teruskan, juga bisa menyebabkan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan sehat menjadi salah satu cara agar Anda bisa terhindar dari kondisi ini.

Banyak sekali makanan sehat di sekitar kita yang jika dikonsumsi ternyata memberi dampak yang baik bagi kesehatan alat cerna tubuh. Lantas makanan apa sajakah yang termasuk di dalamnya? Berikut ini bisa disimak baik-baik:

1. Apel

Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang terkenal sangat kaya akan serat yang bagus untuk dikonsumsi tubuh. Apel merupakan salah satu buah yang ternyata mengandung banyak serat yang bagus untuk kesehatan alat cerna bernama pektin. Serat pektin bisa dicerna oleh bakteri baik di dalam usus. Pectin inilah yang juga bisa membantu dalam meningkatkan pergerakan usus agar terhindar dari konstipasi maupun diare. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi apel juga bisa membantu menurunkan tingkat inflamasi pada usus besar serta meminimalisir terjadinya infeksi pada usus.

2. Pepaya

Buah yang satu ini cukup sering disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang mengalami sembelit. Hal ini lantaran di dalam buah pepaya mengandung enzim papain yang berguna untuk meluruhkan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk jenis makanan yang sulit dicerna dengan mudah, seperti daging. Selain itu, enzim ini juga sangat bagus untuk mengatasi penyakit kembung dan konstipasi.

3. Yoghurt

Di dalam yoghurt mengandung bakteri baik (probiotik) yang menjauhkan tubuh dari kondisi, seperti kembung, diare, dan konstipasi. Berkat yogurt juga, laktisa yang sulit dicerna oleh tubuh bisa diatasi.

4. Tempe

Makan sumber protein yang satu ini terbilang mudah untuk ditemukan di Indonesia. Dan kabar baiknya, ternyata selain bagus untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, juga bisa melancarkan alat cerna tubuh. Hal ini lantaran tempe diolah dengan cara melakukan fermentasi. Karena proses fermentasi inilah yang menjadikan gula pada kedelai bisa dipecah dan mengandung sumber probiotik yang bagus untuk kesehatan usus.

5. Jahe

Jika selama ini jahe lebih dikenal sebagai bumbu dapur dan pengobatan tradisional, maka ternyata Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang satu menjaga kesehatan usus. Selain itu, jahe juga sangat bagus sebagai anti inflamasi.

6. Alpukat

Selain terkenal sebagai makanan sumber lemak baik, buah alpukat ternyata juga sangat kaya akan serat dan vitamin. Dengan sering mengkonsumsi buah yang satu ini bisa menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan alat cerna, seperti sembelit, konstipasi, dll.

7. Pisang

Untuk makanan selanjutnya yang ternyata juga bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah buah pisang. Hal ini lantaran buah pisang mengandung potassium dan elektrolit. Dengan mengkonsumsi buah ini, Anda bisa mencegah penyakit diare dan membantu mengatur pergerakan usus. Sehingga ketika Anda mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna, seperti daging, akan membuatnya tidak terlalu lama berada di perut dan usus

0 komentar:

Posting Komentar