Senin, 09 Maret 2020

6 Tips Pemakaian Kulkas agar Awet seperti Baru


Kulkas atau lemari pendingin adalah salah satu perabot elektronik yang wajib ada di setiap rumah. Namun seringkali kita tidak memakai kulkas dengan cara yang benar. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan dan mengharuskan Anda memanggil jasa service kulkas. Berikut adalah beberapa tips pemakaian kulkas agar tetap awet seperti baru.

1. Tutup Pintu dengan Rapat

Pastikan Anda selalu menutup pintu kulkas dengan rapat setelah membukanya. Pintu kulkas yang tertutup rapat akan membantu suhu di dalam kulkas menjadi lebih cepat dingin. Jika pintu tidak tertutup rapat, maka kulkas akan bekerja lebih keras untuk membuat suhu di dalamnya tetap dingin. 

2. Perhatikan Suhu Kulkas

Pengaturan suhu kulkas harus sangat diperhatikan. Pastikan suhu kulkas sudah diatur sesuai dengan kebutuhan. Anda juga disarankan untuk tidak mengatur suhu kulkas di titik yang rendah. Tindakan ini bisa menyebabkan kulkas harus bekerja lebih keras dan akan membuat konsumsi listrik meningkat.

3. Tempatkan Kulkas dengan Baik

Posisi kulkas ternyata juga berpengaruh pada kinerjanya. Periksa kembali lokasi kulkas Anda berada. Pastikan kulkas tidak menempel terlalu dekat dengan dinding dan langit-langit rumah Anda. Idealnya, kulkas dan dinding memiliki jarang 10 hingga 15 cm. Sementara itu, jarak ideal kulkas dengan langit-langit adalah 30 cm.

Mengapa harus diberi jarak? Jika kulkas berada terlalu dekat dengan dinding dan langit-langit maka kulkas tidak punya cukup ruang. Kondisi seperti ini bisa memuat suhu kulkas menjadi mudah panas dan performanya menurun.

4. Atur Isi Kulkas

Aturlah isi kulkas Anda dengan sebaik mungkin. Rapikan isi kulkas dan kelompokkan sesuai jenis makanannya. Keluarkan bahan makanan yang sudah lama disimpan dan sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Mengatur isi kulkas akan membuat kulkas tetap awet sekaligus mempermudah Anda menemukan bahan makanan di dalam kulkas.

5. Bersihkan Kulkas

Bersihkan kulkas Anda secara teratur, baik bagian luar maupun dalamnya. Keluarkan semua bahan makanan yang sudah tidak layak disimpan. Bersihkan rak-rak yang ada di dalam kulkas. Jangan lupa, bersihkan juga bagian luar kulkas agar terlihat selalu bersih dan kinclong seperti baru.

Membersihkan kulkas secara teratur juga sangat disarankan demi alasan kesehatan. Bahan makanan yang ditumpuk di dalam kulkas dan tidak dibersihkan tentu akan menimbulkan bau tidak sedap. Bakteri juga bisa berkembang biak di dalam kulkas jika tidak dibersihkan secara teratur.

6. Bersihkan Kondensor

Kondensor menjadi salah satu bagian dari kulkas yang sering lupa dibersihkan. Penurunan performa kulkas bisa terjadi salah satu penyebabnya adalah kondensor yang kotor. Jika kondensor tertutup debu, maka pelepasan panas dari kulkas akan terhambat. Kondisi ini menyebabkan kulkas jadi susah dingin.

Itulah tadi beberapa tips perawatan kulkas agar selalu awet seperti baru. Jika ada tanda-tanda kerusakan pada kulkas, segera lakukan servis. Anda bisa menggunakan jasa service kulkas dari Sejasa untuk mengatasi masalah kulkas Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar