Senin, 30 Desember 2019

5 Alasan Industri Manufaktur Membutuhkan Jasa Logistik yang Perlu Anda Ketahui


Di Indonesia pertumbuhan industri manufaktur termasuk pesat. Proses logistik atau ekspedisi barang dari produsen ke konsumen pun dilangsungkan dengan cepat. Hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana dan kapan suatu produk diantarkan menjadikannya sama pentingnya dengan produk tersebut sendiri.

Dalam industri manufaktur yang paling kompetitif, sekian banyak hal-hal kecil dapat menjadi pembeda suatu produk yang satu dengan produk lainnya. Sebagai contoh, andai produsen A menawarkan ekspedisi dalam jangka dua hari secara gratis, sementara produsen B menawarkan produk yang sebanding tetapi dengan jasa ekspedisi yang berbayar, maka bisa jadi besar produsen A yang menang.

Salah satu bisnis yang hadir dari industri manufaktur ialah 3PL (Third Party Logistics) atau penyedia jasa logistik. Pasalnya, semua produsen kini tengah sibuk menghasilkan barang-barang guna memenuhi keperluan konsumen sehingga diperlukan penyedia jasa logistik guna menangani hal-hal berhubungan penyimpanan, perawatan, dan penyaluran barang.
Hasilnya, eksistensi perusahaan penyedia jasa logistik juga menjadi tahapan yang tepat supaya dapat menolong perusahaan konsentrasi dalam menghasilkan dan mengembangkan produknya. Tidak itu saja, masih terdapat lagi alasan-alasan lain mengapa industri manufaktur memerlukan penyedia jasa logistik.

Apa saja hal tersebut? Yuk, simak 5 di antaranya di bawah ini :

1. Dapat Lebih Fokus di Bisnis
Seperti yang sudah dijelaskan, dengan memakai jasa 3PL maka suatu perusahaan bisa lebih konsentrasi dalam pengembangan bisnis yang dijalankan. Hal ini lebih baik andai harus mengurusi pembangunan dan pengelolaan gudang yang malah dapat membuat ongkos operasional semakin bertambah.

2. Penerapan Teknologi Terbaru
Salah satu urusan yang menjadi keunggulan dari adanya penyedia jasa logistik yaitu penerapan teknologi baru pada gudang lokasi penyimpanan dan pengelolaan barang-barang. Perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat ditawar oleh suatu penyedia jasa logistik. Hasilnya, perusahaan yang memanfaatkan jasa ini bakal mendapatkan deviden dan efisiensi lebih.

3. Tingginya Biaya Sertifikasi
Untuk menjalankan dan mengelola suatu gudang misalnya, diperlukan pekerjaan yang kompleks. Oleh sebab itu, diperlukan pula standar formalitas yang melulu didapatkan melalui pelatihan dan sertifikasi semua pekerja dan perusahaan.
Sayangnya, kedua urusan ini membutuhkan perkiraan yang banyak dan jangka wakyu yang lama sampai-sampai gudang itu dapat beroperasi dengan benar dan aman.

4. Tersedianya Tenaga Ahli
Di samping teknologi teranyar dan adanya sertifikasi, semua penyedia 3PL pun mempunyai tenaga-tenaga berpengalaman*di bidangnya. Tenaga ini tidak melulu profesional, namun juga kawakan sehingga suatu perusahaan dapat memanfaatkannya untuk sekadar konsultasi persoalan logistik yang dipunyai.

5. Fleksibilitas Ruang
Adanya penyedia jasa logistik seperti jasa logistik SERA di bidang manufaktur sangat menolong sebuah perusahaan dalam sekian banyak kondisi terlebih saat memasuki musim hujan. Pasalnya, tidak banyak produk yang memerlukan ruang yang lebih banyak sebagai gudang ketika musim hujan tiba. Fleksibilitas ruang berikut yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar