Senin, 15 Juli 2019

Kebutuhan Makanan Balita pada masa Mpasi


Mpasi atau makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu) sangat penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Masa ini merupakan masa-masa mengenalkan berbagai jenis makanan dan mengajarkan si kecil untuk mulai mengunyah. Awalnya mungkin si kecil menolak karena masih pertama kalinya mencoba, tetapi beberapa juga tertarik dan langsung doyan dengan makanannya.

Masa ini merupakan kesempatan bagi orang tua untuk mengenalkan makanan sehat bergizi dan juga mengetahui makanan apa yang disukai si kecil. Berikut ini beberapa makanan bergizi yang patut dicoba si kecil.

Makanan Bergizi untuk Si Kecil pada Masa Mpasi 

Konsep marketing model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sudah cukup lama digunakan dalam advertising. Perkembangannya sudah ada sejak abad ke 19 dan cukup banyak diterapkan. Konsep marketing AIDA memberikan suatu pemahaman penting dilihat dari sudut pandang konsumen terhadap apa yang sebenarnya mereka inginkan. Di bawah ini penjelasan lengkapnya, antara lain:

1. Produk Gandum

Beberapa produk gandum bisa dicoba untuk makanan si kecil seperti olahan cracker, sereal, oatmeal dan lain sebagainya. Bisa juga menggunakan roti tawar gandum yang diolesi selai, ini bisa diberikan jika si kecil sudah di atas 2 tahun.

2. Susu dan Produk Olahan Susu

Selain ASI dan Mpasi (Makanan Pendamping ASI), susu pertumbuhan atau susu formula juga bisa dapat mendukung tumbuh kembang di kecil. Selain itu, bisa mulai mengenalkan makanan olahan susu seperti yogurt, keju, puding dan lainnya. 

3. Sumber Protein

Makanan pendamping ASI biasanya ada bubur halus dan kasar. Saat mengenalkan bubur kasar, protein adalah campuran terbaik. Sumber protein seperti daging ayam/sapi/ikan, telur, tahu dan lainnya. 

4. Berbagai Macam Buah dan Sayur

Selain protein, buah dan sayur juga bisa dijadikan makanan pendamping ASI seperti pisang, pepaya, alpukat, apel, pear, brokoli, kembang kol dan lainnya. Buah bisa dipotong kecil atau dihaluskan, sedangkan sayur bisa dikukus hingga lembut atau dicampurkan pada bubur kasar.

5. Madu

Madu juga bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI karena rasanya yang manis dan teksturnya lembut, si kecil pasti akan menyukainya. 

Itulah beberapa pilihan makanan pendamping ASI yang bisa dicoba oleh orang tua di rumah. Cobalah bergantian dan cari tahu makanan kesukaan si kecil.

2 komentar: