Kamis, 09 Mei 2019

Hindari Konsumsi Sushi Dengan Daging Ikan Mentah


Sushi terutama dengan bahan bakar ikan merupakan salah satu makanan yang kini jadi favorit banyak orang. Namun sayangnya konsumsi makanan mentah seperti ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Selama ini, sushi dianggap sebagai makanan sehat karena memadukan protein, mineral, vitamin, dan sejumlah nutrisi lain. Sushi juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

Namun seperti uang koin, selalu terdapat dua sisi yang berbeda. Kendati memiliki sejumlah manfaat sehat yang tak dapat dihindari, namun juga terdapat bahaya yang terkandung terutama dari bahan ikan mentah.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah investigasi menemukan bahwa sushi yang berbahan dasar ikan mentah mungkin mengandung bakteri dan parasit yang berbahaya. Pemrosesan makanan yang tak tepat dapat meningkatkan risiko dari kontaminasi.

Sebuah penelitian terbaru mempelajari bahwa dari 23 restoran Portugal yang menggunakan ikan mentah, sebanyak 64 persen terkontaminasi dengan mikroorganisme berbahaya. Hal ini bisa jadi pertanda adanya bahaya dari konsumsi ikan mentah ini.

Untuk menghindari risiko keracunan makanan, pilih restoran sushi yang cukup besar dan terkenal serta mempraktikkan penanangan makanan yang tepat. Penanganan yang tepat ini bisa mengurangi risiko kontaminasi. Walau begitu, sebaiknya tetap hindari konsumsi daging ikan mentah.

Wanita hamil, anak-anak, orang tua, serta mereka yang memiliki sistem imun lemah sebaiknya tetap menghindari sushi yang dibuat dari ikan mentah.

"Ikan mentah tidak memberikan tambahan manfaat kesehatan dibanding ikan yang dimasak, sehingga tak layak untuk mempertaruhkan risiko kesehatan dan kontaminasi dari mengonsumsinya secara mentah," jelas Lauri Wright, PhD dari University of South Florida.

Wright menyebut bahwa tingginya risiko masalah penyakit yang disebabkan makanan ini bisa menyebabkan penyakit parah dan membahayakan nyawa. Hal ini terutama bisa muncul dari ikan mentah, kurang matang, atau kerang.

Selain itu terdapat juga sejumlah orang yang disebut Wright sebaiknya tidak mengonsumsi jenis ikan ini.

"Orang-orang ini termasuk mereka dengan sistem kekebalan tubuh kurang baik, bermasalah dengan asam lambung, wanita hamil, balita, anak-anak dan orang tua. Konsumsi ikan mentah dan kerang tidak disarankan untuk orang dengan risiko tinggi, Jika kamu termasuk dalam kategori ini, masaklah ikan dan kerang secara seksama," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar